Kecamatan Rantau

PETA ADMINISTRASI KECAMATAN RANTAU

SUMBER : BAPPEDA KABUPATEN ACEH TAMIANG

 

Cerita Singkat Tentang Kecamatan Rantau

Kecamatan Rantau lahir dan berdiri sejak tanggal 13 Juni 2000 M bertepatan dengan 10 Rabiul Awal 1421 H dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Aceh Timur Nomor : 15 Tahun 2000 Tentang Pembentukan 9 (sembilan) Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. Terlihat pada Pasal 10 dalam Perda tersebut disebutkan bahwa Kecamatan Rantau yang sebelumnya merupakan bagian dari Wilayah Administrasi Kecamatan Kejuruan Muda terdiri dari 16 (enam belas) Kampung (Desa). 

 

Seiring waktu berjalan, Kecamatan Rantau kembali terjadi perubahan status wilayah administrasi kabupaten dari sebelumnya Kabupaten Aceh Timur menjadi Kabupaten Aceh Tamiang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya, dan Kabupaten Aceh Tamiang di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yang disahkan pada tanggal 10 April 2002. 

Jumlah Penduduk Kecamatan Rantau saa ini adalah 39.111 Jiwa yang teridir dari 19.750 Jiwa Laki-laki dan 19.361 Jiwa Perempuan dengan Jumlah Kepala Keluarga 10.878 (sumber data Dinas Dukcapil Kab. Aceh Tamiang).

Dari segi letak batas Kecamatan Rantau dapat digambarkan sebagai berikut :

  • Sebelah Utara dengan Kecamatan Seruway, Karang Baru dan Bendahara,
  • Sebelah Timur dengan Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara,
  • Sebelah Barat dengan Kecamatan Kota Kualasimpang,
  • Sebelah Selatan dengan Kecamatan Kejuruan Muda dan Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara